Road Map Prodi

ROADMAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI-ANTROPOLOGI

TAHUN 2011 – 2015

A.    Visi dan Misi Universitas Sebelas Maret

Upaya untuk mengembangkan UNS menjadi universitas unggul di tingkat internasional dan maju di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni seperti yang diamanatkan dalam Visi dan Misi Universitas Sebelas Maret (UNS). Visi UNS menjadi Pusat Pengembangan Ilmu, Teknologi, dan Seni  yang Unggul di Tingkat Internasional dengan Berlandaskan pada Nilai-Nilai Luhur  Budaya Nasional. Adapun pengembangan visi UNS tertuan dalam misi yaitu:

1.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap..

2.      Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni.

3.      Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Misi UNS selanjutnya dikembangkan pada tujuan UNS yaitu:

1.      Menciptakan lingkungan yang mendorong setiap warga kampus mau belajar guna mengembangkan kemampuan diri secara optimal.

2.      Menghasilkan  lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berbudi luhur; cerdas, terampil, dan mandiri; serta sehat jasmani, rohani, dan sosial.

3.      Melahirkan temuan-temuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam masyarakat dan untuk membantun kehidupan yang lebih baik.

4.      Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyarakat sehingga terjadi tranformasi secara terus menerus menuju kehidupan yang lebih modern.

5.      Menggali dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya nasional sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan, baik di dalam maupun di luar kampus.

6.      Mengembangkan pranata kehidupan yang lebih beradab menuju terciptanya masyarakat yang makin cerdas, terampil, mandiri, demokratis, damai, dan religius.

7.      Mendukung  terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat, bersatu, adil, dan makmur.

8.      Menjadikan Universitas Sebelas Maret perguruan tinggi yang unggul di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2015.

B.     Visi dan Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diharapkan menghasilkan tenaga kependidikan yang handal dengan memiliki seperangkat kompetensi. Kompetensi utama yang harus melekat pada tenaga kependidikan adalah nilai-nilai kejujuran, keamanahan, keteladanan dan mampu melakukan pendekatan yang pedagogis serta mampu berfikir dan bertindak cerdas. Dengan karakteristik semacam ini, maka FKIP UNS sebagai LPTK memiliki visi menjadi LPTK Penghasil dan Pengembang Tenaga Kependidikan “Berkarakter Kuat dan Cerdas”. Adapun pengembangan dari visi FKIP UNS dijabarkan dalam misi, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang kependidikan;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan yang bermanfaat bagi masyarakat;
  4. Mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni yang menunjang pengembangan bidang kependidikan.

Selanjutnya, misi FKIP UNS dirumuskan dalam 4 tujuan, yaitu:

1.      Menghasilkan lulusan dengan indeks prestasi kumulatif tinggi dan berkepribadian pendidik serta masa studi dan masa tunggu makin pendek;

2.      Menghasilkan penelitian dan pengembangan yang semakin meningkat dalam kualitas maupun kuantiítas,

3.      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang semakin meningkat dalam kualitas dan kuantitas;

4.      Menghasilkan produk-produk inovatif dalam bidang kependidikan

 

C.    Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Sosiologi – Antropologi

Upaya mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS merupakan pejabaran Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Visi Program Studi Pendidikan Sosiologi – Antropologi adalah menjadi Program Studi Penghasil dan Pengembang Tenaga Kependidikan Sosiologi – Antropologi Berkarakter Kuat, Cerdas dan Berakhlak Mulia. Adapun Visi tersebut dijabarkan menjadi empat Misi yaitu:

1.      Mendidik calon tenaga kependidikan Sosiologi Antropologi yang profesional, berahklak mulia, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Mengembangkan landasan keilmuan pendidikan dan pembelajaran Sosiologi Antropologi yang berkarakter  dan berkompetensi.

3.      Mendidik calon tenaga guru/instruktur Pendidikan Sosiologi Antropologi yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, membimbing, melatih dan melakukan proses pembelajaran.

4.      Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta mampu berkompetisi dan berkolaborasi di lapangan kerja tingkat regional, nasional dan internasional

Tujuan Program Studi Pendidikan Sosiologi-Antropologi adalah menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional, mandiri dan mampu mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat) di bidang pendidikan, sosiologi, antropologi serta dapat berkompetisi dan berkolaborasi pada tingkat regional dan nasional.

D.    Ketersediaan Sumber Daya

Sumberdaya yang dimaksud dalam road map penelitian ini adalah sumberdaya peneliti baik staf pengajar maupun mahasiswa termasuk ketersediaan sarana prasarana laboratorium. Program studi Pendidikan Sosiologi Antropologi merupakan program studi yang mengembangkan 3 bidang sekaligus yaitu pendidikan, sosiologi dan antropologi. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia diarahkan pada 3 bidang tersebut. Saat ini, pakar pendidikan yang ada berjumlah 12 orang yang semuanya telah bersertifikasi. Pakar pendidikan yang ada memiliki keahlian di pengembangan pendidikan ilmu sosial dan metode penelitian pendidikan. Sedangkan bidang sosiologi dan antropologi masing-masing berjumlah 2 orang. Kosentrasi pengembangan sumber daya manusia dikembangkan melalui pengembangan profesionalisme dosen dan studi lanjut.

Untuk sumber daya sarana prasarana laboratorium melalui pengembangan laboratorium pendidikan sosiologi-antropologi. Selama ini dukungan laboratorium masih terbatas pada pengembangan matakuliah praktikum. Untuk pengembangan kegiatan profesionalisme dosen masih belum dimaksimalkan. Dalam pengembangan penelitian pendidikan sosiologi-antropologi, sarana prasarana laboratorium yang diperlukan adalah komputer/laptop, perekam suara (mp3 & handrecord), buku pustaka (jurnal, majalah/koran, buku teks/ilmiah,dll) serta visualisasi elektronik (film dokumenter).

E.     Pengembangan Kerjasama

Agar pelaksanaan program penelitian dapat berlangsung lancar dan efektif maka perlu dilakukan kerjasama dengan instansi terkait dan memperoleh dukungan masyarakat. Instansi yang telah berafiliasi dalam pengembangan roadmap penelitian Prodi Pendidikan Sosiologi-Antropologi adalah M… Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Surakarta yang didalamnya juga melibatkan alumni. Selanjutnya akan dikembangkan kerjasama dengan MGMP se-Soloraya yang meliputi Kabupaten Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten dan Boyolali.

Selain itu, pengembangan penelitian dosen dapat dilakukan melalui tawaran kerjasama penelitian baik dari DIKTI, DIKNAS JATENG, LPPM UNS maupun FKIP UNS. Untuk pengembangan penelitian mahasiswa melalui tawaran proposal dari DIKTI.

F.     Ouput

Road map penelitian dikembangkan untuk memotivasi kegiatan penelitian yang memiliki nilai keunggulan sebagai dasar pembentukan dan pengembangan payung riset program studi. Tujuannya untuk menciptakan atmosfir kegiatan akademik yang kondusif.

Hasil yang diharapkan dari penelitian berupa laporan penelitian dan model pengembangan pendidikan yang relevan, mendukung pengembangan keilmuan (pendidikan, sosiologi, dan antropoogi) serta sesuai kebutuhan stakeholders.

G.    Indikator Pencapaian

1.      Publikasi hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional baik terakreditasi maupun belum terakreditasi.

2.      Penyusunan buku ajar maupun buku teks berbasis penelitian.

3.      Pengembangan model-model pembelajaran untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar minimal di tingkat prodi.

4.      Peningkatan mutu kuantitas dan kualitas penelitian yang dilakukan dosen maupun mahasiswa.

5.      Pengembangan kerjasama dan jaringan dengan berbagai pihak terutama dengan Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah dan Kementerian teknis yang searah dan senada dengan visi dan misi program studi Pendidikan Sosiologi Antropologi.

 

MATRIKS ROAD MAP PENELITIAN PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI-ANTROPOLOGI

TAHUN 2011 – 2015

 

ANALISIS KEBUTUHAN

KELUARAN

2011

2012

2013

2014

2015

Sistem Pengembangan Belajar Pembelajaran Penelitian Model Pengembangan Pembelajaran;PTK dan RBL Penyiapan model pembelajaran E-Learning melalui pengembangan website prodi, pembuatan blog untuk dosen, serta download e-book dan e-journal Penelitian model pembelajaran E-Learning Implementasi model pembelajaran E-Learning Monitoring dan Evaluasi model pembelajaran E-Learning Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning
Penyempurnaan kurikulum KBK sekaligus perbaikan silabi dan RPP matakuliah Implementasi kurikulum KBK Monitoring dan evaluasi kurikulum KBK Pengembangan kurikulum KBK Meninjau ulang kurikulum KBK sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (up to date)
Sistem Pengembangan Laboratorium Pendidikan Sosiologi Antropologi Identifikasi kegiatan praktikum mahasiswa sesuai dengan visi misi prodi Pelaksanaan praktikum mahasiswa di daerah bencana Pelaksanaan praktikum mahasiswa di daerah perkotaan Pelaksanaan praktikum mahasiswa di daerah pedesaan Evaluasi model pelaksanaan praktikum mahasiswa berbasis wilayah
Penyusunan SOP adminitrasi Lab untuk mendukung kegiatan praktikum mahasiswa Menyelenggarakan program hibah skripsi bagi mahasiswa sebanyak 5 orang @ Rp 500.000,00 Pengembangan program hibah skripsi dengan output publikasi artikel melalui jurnal Pengembangan program hibah skripsi dengan output penyusunan buku teks Evaluasi program hibah skripsi
Penjajagan pengembangan Lab IPS Terpadu Identifikasi kebutuhan pengembangan Lab IPS Terpadu Konsolidasi dengan prodi lain dibawah jurusan Pendidikan IPS Inisiasi internal baik tingkat jurusan maupun fakultas Terwujudnya Lab. IPS Terpadu
Sistem Pengembangan Peningkatan Kompetensi Plus bagi Lulusan Identifikasi kebutuhan dan potensi kurikulum prodi untuk dikembangkan menjadi kompetensi plus Pengembangan pelatihan ketrampilan bagi mahasiswa di luar kurikulum seperti pelatihan metode penelitian, jurnalistik,dll Monitoring dan evaluasi program pengembangan pelatihan kompetensi plus Penyempurnaan program pengembangan pelatihan kompetensi plus Dikembangkan lebih lanjut untuk menghasilkan kompetensi plus bagi mahasiswa
Identifikasi kegiatan ilmiah mahasiswa melalui kegiatan HMP Membimbing mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah minimal 3 proposal/tahun Membimbing mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah minimal menang di tingkat fakultas Membimbing mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah minimal menang di tingkat universitas Membimbing mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah minimal menang di tingkat nasional
Sistem Pengembangan Kerjasama Identifikasi Kebutuhan dan Potensi Guru Sosiologi Antropologi Menyusun MoU dengan MGMP Guru Sosiologi dan Antropologi se SoloRaya Penyelenggaraan kegiatan bersama MGMP dalam bentuk pelatihan, seminar, penelitian, pengabdian,dll Monitoring dan evaluasi kegiatan Pengembangan kerjasama instansi lainnya maupun pihak swasta
Sistem Pengembangan Produk Lembaga Persiapan Penyusunan Jurnal Pendidikan Sosiologi – Antropologi Penerbitan Jurnal Pendidikan Sosiologi – Antropologi ber-ISSN Pengembangan jurnal prodi menuju akreditasi Jurnal Prodi Sosiologi-Antropologi terakreditasi nasional Jurnal Prodi Sosiologi-Antropologi terakreditasi nasional
Penyusunan SOP pengelolaan sistem akademik dan administrasi prodi Pengembangan pengelolaan sistem akademik dan administrasi prodi berbasis IT Pengembangan pengelolaan sistem akademik dan administrasi prodi berbasis IT Pengembangan pengelolaan sistem akademik dan administrasi prodi berbasis IT Pengembangan pengelolaan sistem akademik dan administrasi prodi berbasis IT

 

 

Leave a Reply